Tips Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor
Modifikasi Sepeda Motor bukan sekadar merombak tunggangan
menjadi seperti dalam imajinasi. Semua ada aturan mainnya, termasuk syarat
minimal kelaikan jalan agar tak cuma jadi pajangan.
Begitu juga dengan peserta Kustomfest 2014, tak sembarang
sepeda motor modifikasi yang lolos dan berhak tampil. Penyelenggara benar-benar
menerapkan aturan ketat sebagai bagian dari edukasi cara memodifikasi Sepeda Motor yang benar dan sesuai aturan.
Inilah yang ditegaskan Hidayat Priyo-akrab disapa Yayak-,
Direktur Marketing Kustomfest 2014, sekaligus bertugas sebagai Scrut Officer
(penyeleksi). Dikatakan bahwa untuk lolos scrutinering (seleksi), sepeda motor
harus punya kriteria dasar modifikasi.
”Kami ingin campaign untuk mengedukasi builder. Semua karya
sangat bagus, cuma ada paham yang harus diperketat dan diluruskan. Tidak semua
lolos scrut, bahkan setelah ada yang melihat proses, calon peserta mengundurkan
diri sebelum dites karena yakin tidak akan lolos,” terang Yayak kepada
KompasOtomotif (11/10/2014).
Syarat Minimal Memodifikasi Sepeda Motor Versi Kustomfest :
1. Mesin bisa dihidupkan. Ini adalah syarat mutlak. Tidak
mungkin sepeda motor bisa dijalankan jika tak ada mesin yang bisa dinyalakan.
2. Stationer. Dalam keadaan berhenti, mesin menyala normal.
Tidak tiba-tiba rpm tinggi atau gampang mati. Cuma bisa menyala tetapi tidak
normal, panitia tak akan meloloskan.
3. Kopling tidak bermasalah. Setelan harus benar. Misalnya,
memindahkan gigi dari 0 ke 1, tapi sepeda motor ”loncat” padahal tuas kopling
masih ditekan. ”Ini menyangkut keamanan. Boleh memodifikasi, tetapi harus tetap
bisa berjalan normal,” tegas Yayak.
4. Fungsi rem. Peranti ini harus bisa dioperasikan. Panitia
mengetes sepeda motor dengan menjalankannya tiga meter stop and go.
5. Fungsi instrumen. Apa yang diletakkan pada sepeda motor
harus ada fungsinya. Misalnya memasang lampu sein kecil, tetapi tidak menyala,
akan didiskualifikasi. ”Tidak dipasang instrumen aneh-aneh juga tidak masalah.
Intinya apa pun yang menempel harus bisa bekerja. Tidak lucu menggunakan enam
karburator tapi cuma pajangan,” sindir Yayak.
6. Manuver. Sepeda motor harus bisa berbelok, dites dengan
berkendara di jalur angka 8. Hal ini ada hubungannya juga dengan keamanan.
Boleh over rake, cuma harus bisa berbelok dengan aman.