Motocross Suzuki RM-Z450
Motocross Terbaru Suzuki dan Suzuki memperkenalkan generasi
terbaru RM-Z450 dengan teknologi baru Holesot Assist Control (S-HAC). Fungsinya
mirip seperti traction control pada mobil, yang mengatur kekuatan daya cengkram
ban terhadap lintasan (traksi).
Suzuki RM-Z450 Motocross ini mampu menawarkan traksi yang
ideal, baik dalam kondisi jalan licin maupun kering. Dalam kondisi jalan licin,
mode A mampu mengurangi slip ban pada permukaan tanah, sehingga akselerasi saat
start berjalan lancar. Mode ini bekerja hingga 1,2 detik atau sampai gigi
ketiga, dan kondisi traksi kembali normal.
Dalam kondisi jalan kering, mode B. menawarkan akselerasi
yang lebih agresif memanfaatkan traksi lebih baik di ban. Mode ini berkerja
selama 4,5 detik, ketika berpindah ke gigi empat, atau menutup total gas.
Sistem operasinya juga mudah, cukup menekan tombol yang tersedia di stang kiri. Ada indikator lampu yang berkedip lambat jika Mode A digunakan. Sedangkan lampu berkedip cepat jika Mode B digunakan. Sistem ini juga bisa di non-aktifkan sesuai keinginan pengendara.
Bekalan baru lain yang ditawarkan pada model terbaru ini
adalah suspensi depan pasokan dari "Showa SFF-Air Front Fork". Jadi,
garpu bagian kanan menggunakan tabung udara meninggalkan pegas konvensional
yang ada pada suspensi pada umumnya.
Mampu mengurangi bobot dan bisa diatur kekuatan daya
pantulnya dengan pompa tangan. Suzuki mengklaim kalau bobot garpu ini lebih
ringan 1,1 kg dari model sebelumnya.
Urusan mesin Suzuki
RM-Z450 masih mengandalkan 449 cc, satu silinder tapi
dengan penyempurnaan. Bentuk engkol starter kini lebih panjang 30 mm dengan
desain baru.
Transmisi juga diperbaiki untuk start lebih cepat. Sistem
dekompresi mesin diklaim lebih efisien, sementara saluran pembuangan didesain
ulang supaya lebih mudah menyalakan mesin.
Sistem pendinginan juga diperbaiki, dengan aliran cairan
dari kiri menunju kanan radiator. Suzuki mengklaim aliran cairan pendingin jadi
lebih deras 16 persen dari sebelumnya. Pompa dan selang juga diperbaiki
sehingga sistem pendinginan mesin jadi lebih efisien.
Untuk model yang dipasarkan di Amerika Serikat, Suzuki
menawarkan knalpot baru yang lebih "sopan" suaranya dengan tingkat
kebisingan maksimum 115 dB. Rangka juga tak luput dari perbaikan dengan bentuk
baru sehingga lebih kokoh dan mampu mengurangi bobot sampai 4 persen. Bobot
sepeda motor ini diklaim 112,03 kg.