Motor Yamaha vs Motor Honda
Yamaha Xeon RC VS Vario Techno 125 PGM-FI Kelebihan fitur
diharapkan bisa menambah fungsi pada kedua motor ini, sedang teknologi erat
urusannya dengan performa dan gengsi tentunya. Dan menariknya, beberapa fitur
dan teknologi pada kedua motor ini masing-masing memiliki porsi yang hampir
sama. Boleh di kata seimbang lah! Enggak percaya? Yuk bongkar detailnya.
Mulai dari bagasi di bawah jok. Keduanya cukup luas, mampu
menyimpan helm. Namun karena beda kapasitas yakni 18 liter pada Vario Techno
125 PGM-FI dan 12,8 liter di Xeon RC, kemampuannya menelan helm jadi berbeda.
Di Vario Techno 125 PGM-FI mampu menampung jenis helm full
face dan sedang pada Xeon RC hanya muat helm dengan jenis half face. Tapi tanpa
helm, keduanya tetap lega untuk menyimpan dua set jas hujan model setelan.
Buat safety, setelah facelift beberapa waktu yang lalu, Xeon
RC jadi setara Vario Techno 125 PGM-FI. Rem parkir ada, standar samping yang
bisa mematikan mesin otomatis bila terbuka juga sudah lengkap.
Motor Yamaha vs Motor Honda Khusus pada rem parkir, cara
pengoperasian keduanya sedikit berbeda. Pada Vario Techno 125 PGM-FI, setelah
tuas rem belakang ditarik, harus tarik lagi tuas kecil di depannya ke atas.
Sedang di Xeon RC, setelah tarik tuas rem belakang, tinggal pencet tombol di
tuas tadi. Secara pengoperasian, rem parkir di Xeon RC lebih mudah digunakan.
Tapi urusan safety, Vario Techno 125 PGM-FI lebih unggul
dengan adanya rem CBS (combi brake system). Dengan CBS, ketika melakukan
pengereman belakang saja, maka secara otomatis rem depan ikut bekerja
memberikan distribusi pengereman yang ideal.
Fitur lainnya, kedua motor ini juga sama-sama telah
menggunakan kunci kontak yang terintegrasi dengan pembuka jok, jadi tak perlu
repot cabut kunci jika ingin membuka jok. Pada Xeon RC tinggal putar anak
kunci, sedang di Vario Techno 125 PGM-FI cukup pencet tombol.
Pada bagian mesin ada beberapa bagian yang diunggulkan,
untuk sistem pasokan bahan bakar keduanya sudah menganut injeksi hanya beda
sistem. Vario Techno 125 PGM-FI menggunakan PGM-FI step 4, sedang Xeon RC pakai
YMJet-FI yang memiliki 2 katup kupu-kupu di throttle body-nya.
Vario Techno 125 PGM-FI punya sistem starter unggulan yang
gabung dengan alternator (ACG), starter kini sangat halus tanpa suara. Sedang
Xeon RC punya unggulan DiASil pada lapisan blok silinder ditemani forged
piston, dengan menganut sistem pengapian cut off.
Sumber : motor.otomotifnet.com