News Update :
Home » , , , » Modifikasi Vespa Racing

Modifikasi Vespa Racing

Penulis : Unknown on Jumat, 18 Oktober 2013 | 18.03



Vespa Yang Super Kenceng 

Modifikasi Vespa Racing Peran torsi coba diminimkan di Vespa Exlusive II milik M. Fadli ini. Alasannya, buat kejar power band lebih lebar dan nafas panjang. Memang power band dibuat sempit, putaran mesin dari bawah ke atas cepat. Tapi bedanya, nafas mesin jadi lebih cepat habis. Seharusnya bisa bertahan hingga beberapa rpm ke depan, malah tidak jika power band dibuat sempit.

Buat hilangkan torsi dan manjakan power putaran atas, beberapa part kena sentuh. Paling utama, Puguh melakukan seting di blok silinder. Lubang transfer yang aslinya 51 mm dibuat jadi 48 mm. Lalu, lubang exhaust dibuat jadi 30 mm.

Modifikasi Motor Vespa  ini menerapkan teknik hilangkan kompresi bawah. “Bagian dalam crankcase sekitar kruk as dibuat lebih dalam lagi sekitar 2 mm pakai bor tuner,” jelas Puguh yang juga aktif di dunia drag bike Tanah Air. 


Cara ini banyak diterapkan di pacuan motor GP125. Misalnya, di Yamaha TZ125. Sebab lebih lebarnya crankcase bisa membuat semburan bensol lambat naik ke piston.

Jaraknya sekarang kan lebih luas ketimbang standar. So, tenaga di putaran bawah jadi sedikit lebih lambat keluar. “Tapi, ketika power keluar, langsung sejadinya,” aku Puguh sembari bilang kalau Vespa ini mengadopsi kompresi 7,2 : 1.

Buat mengimbangi power yang baru teriak di putaran atas, magnet ringan jadi jawaban. Tentunya, agar putaran bawah enggak belet alias lemot. So, magnet Yamaha RX-King diandalkan. Dibikin lebih ringan lagi hingga bobot jadi 400 gram.

Magnet ini dibantu pengapian tipe DC total lost dari aki 12V 7 ampere. Lalu, CDI pakai merek BRT I-Max punya Suzuki Shogun 125. Biar lebih mantap lagi percikan api di ruang bakar, koil Yamaha YZ125 ikut diandalkan.

Tak tertinggal, pengabuatan kinerja piston 62 mm dibantu karburator merek UMA berikut spuyer 60/148. Karbu ini bikinan Malaysia. Bentuknya serupa Keihin PWK. Tapi, di UMA, ada power jet buat bantu suplai bensin di putaran atas.

DATA MODIFIKASI VESPA  :


  • Ban depan : Dunlop 3,00-10
  • Ban belakang : IRC 3,50-10
  • Panjang pulser : 30 mm
  • Knalpot : Custom Ninja
  • Footstep : Variasi


Sumber : seherceket.blogspot.com/
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Modifikasi Motor . All Rights Reserved.
Design Template by | Support by | Powered by Blogger